MANAJEMEN

 PEMAPARAN TENTANG BAGAIMANA KAIDAH,PRINSIP,DAN KONSEP MANAJEMEN



Related image


   A. Pengertian Manajemen
Manajemen merupakan ilmu pengetahuan.Manajemen memiliki kerangka imu yang sistematis,mencakup kaidah-kaidah,prinsip-prinsip,dan konsep-konsep yang dapat digunakan secara universal bagi semua situasi manajerial.Bertujuan untuk mengatur,mengurus,dan mengelola kegiatan yang ada didalamnya.(http://www.artikelsiana.com/2015/08/pengertian-manajemen-fungsi-prinsip.html )
Menurut Mary Parker f, “manajemen adalah suatu seni, tiap tiap pekerjaan bisa diselesaikan dengan orang lain”.
Sedangkan menurut George R.Terry,” manajemen ialah wadah didalam ilmu pengetahuan,sehingga manajemen bisa dibuktikan secara umum kebenarannya.”
Dan menurut Stoner, “manajemen merupakan proses dalam membuat suatu perencanaan,pengorganisasian,pengendalian serta memimpin berbagai usaha dari anggota entitas/ organisasi dan juga mempergunak
an semua sumber daya yang dimiliki untuk mencapai tujuan yang ditetapkan”.
   B.     Fungsi Manajemen
Manajemen memiliki berbagai fungsi,yaitu:
1.      Planning (perencanaan)
Untuk menentukan tujuan dari perusahaan/organisasi dalam bentuk visi dan misi baik dalam jangka panjang maupun pendek.
2.      Organizing (Mengorganisasi)
Untuk mengatur orang-orang yang ada dalam organisasi/perusahaan agar dapat menjalankan peran dan fungsinya masing-masing.
3.      Staffing (Penempatan)
Berupa penyusunan personalia pada suatu organisasi sejak dari merekrut tenaga kerja,pengembangannya sampai dengan usaha agar setiap tenaga memberi daya guna maksimal kepada organisasi.
4.      Coordinating (Mengkoordinasi)
Untuk meningkatkan efisiensi,dan efektifitas kinerja.
5.      Controlling (Mengontrol)
Fungsinya supaya kinerja orang-orang didalamnya tidak menurun minimal standard,kalau bisa meningkat.
6.      Leading
Fungsinya yaitu mengambil keputusan,mengadakan komunikasi,memberi semangat,inspirasi, dan dorongan kepada bawahan supaya mereka bertindak, memilih orang-orang yang menjadi anggota kelompoknya,dan memperbaiki pengetahuan dan sikap-sikap bawahan.
7.      Directing /commanding
Berhubungan dengan usaha memberi bimbingan,saran,perintah-perintah atau instruksi kepada bawahan dalam melaksanakan tugas masing-masing.
8.      Motivating
Memberi motivasi kepada bawahan berupa inspirasi semangat,dan dorongan kepada bawahan,agar melakukan kegiatan secara sukarela sesuai apa yang diinginkan atasan.
9.      Reporting
Salah satu fungsi manajemen berupa penyampaian perkembangan atau hasil kegiatan atau pemberian keterangan mengenai segala hal yang bertalian dengan tugas dan fungsi kepada pejabat yang lebih tinggi.
10.  Forecasting
Meramalkan, memproyeksikan,atau mengadakan taksiran terhadap berbagai kemungkinan yang akan terjadi sebelum suatu rencana yang lebih pasti dilakukan.

Mengapa Manajemen Sangat Dibutuhkan ?
Manajemen dibutuhkan semua organisasi,karena tanpa manajemen,semua usaha akan sia-sia    dan pencapaian tujuan akan lebih sulit.Alasan utama yaitu:
     1)      Untuk mencapai tujuan.(organisasi dan pribadi)
     2)      Untuk menjaga keseimbangan di antara tujuan-tujuan yang saling bertentangan.    (sasaran,kegiatan,dan pihak-pihak berkepentingan)
      3)      Untuk mencapai efisiensi dan efektifitas.

Manajemen memiliki kaidah-kaidah,prinsip-prinsip,dan konsep-konsep.



Image result for BAGAN KONSEP,KAIDAH ,PRINSIP MANAJEMEN




v Kaidah-kaidah utama Manajemen

Kaidah merupakan kebenaran fundamental atau kebenaran yang dapat dipercaya pada suatu masa tertentu,yang menjelaskan dua atau lebih perangkat kejadian(variabel).
Kaidah ada yang sifatnya perspektif (menganjurkan), deskriptif (menggambarkan atau menunjukkan apa adanya),dan normatif (Sigit,1984)
Kaidah-kaidah manajemen:
1.      Kaidah-kaidah utama manajemen memadukan topik-topik mutakhir dan tradisional serta mengorganisirnya disekitar pendekatan fungsional,atau proses manajemen.Meskipun penelitian lain telah di kemabangkan,pendekatan fungsional atau proses ini tetap merupakan sebuah kerangka kerja yang bersifat umum,dan fleksibel untuk menggabungkan berbagai sudut pandang berkenaan dengan kaidah-kaidah utama manajemen.
2.      Kaidah-kaidah utama manajemen ini ditujukan bagi para manajer pemula dan berpengalaman yang berusaha mencari informasi termutakhir berikut tinjauan yang melandasinya.

Pemaparan berkenaan dengan kaidah-kaidah utama manajemen,dibagi dalam enam butir,yaitu:
Butir I Pengantar Manajemen yang mencakup:

§    Manager jobs
             International Management and Cultural Diversity
§    Information Technology and the Internet
§    Ethics and Social Responsibilty
Butir II Perencanaan,yang mencakup:

§    Essential of Planning
§    Problem Solving and Decision Making
§    Quantitave Techniques for Planning and Decision Making
Butir III.Pengorganisasian, yang mencakup:

§    Job Design and Work Schedules
§   Organization Structure,Culture,and Change
§    Staffing and Human Resource Management
Butir IV.Pengarahan, yaitu mencakup:

§    Leadership
§    Motivation
§    Communication
§   Teams,Groups,and Teamwork
Butir V.Pengendalian, yang mencakup:

§    Essential of Control
§    Managing Ineffective Performers
Butir VI.Mengelola Kesuksesan Individu,yang mencakup:

§    Enhancing Personal Productivity and Managing Stress.
Butir terakhir ini menjelaskan bagaimana kesuksesan individu dapat dipertahankan dana tau ditingkatkan melalui pengembangan deskripsi dan tata kerja,serta penerapan manajemen waktu dan last but not least bagaimana mencegah dan mengendalikan stress atau tekanan kerja.(http://motsy-totsy.blogspot.in/2011/09/kaidah-kaidah-manajemen  )
                                              
v Prinsip-Prinsip Manajemen
Prinsip adalah asas,dasar,atau kaidah,yaitu pernyataan kebenaran fundamental yang menjadi pokok dasar berpikir atau melakukan kegiatan.Sedangkan prinsip-prinsip manajemen yaitu asas/dasar ataupun kaidah yang merupakan pernyataan atau kebenaran fundamental yang dijadikan sebagai pedoman dalam menjalankan tugas memimpin suatu usaha kerjasama,untuk mencapai suatu keseimabangan yang setinggi-tingginya dalam proses pencapaian tujuan.
Fayol (1925),merumuskan ada 14 prinsip dalam manajemen,yaitu:
1.    Devision of Work atau pembagian kerja
Pembagian kerja harus disesuaikan dengan kemampuan dan keahlian sehingga pelaksanaan kerja akan berjalan efektif.
2.    Authority and Responsibility atau Wewenang dan Tanggung Jawab
Wewenang mencakup hak untuk memberi perintah dan dipatuhi,biasanya dari atasan ke bawahan.Wewenang ini harus diikuti dengan pertanggungjawaban kepada pihak yang memberi perintah.
3.    Dicipline atau disiplin
Disiplin mencakup mengenai rasa hormat dan taat kepada peranan dan tujuan organisasi.
4.    Unity of Command atau Kesatuan Perintah
Setiap karyawan hanya menerima instruksi tentang kegiatan tertentu hanya dari satu alasan.
5.    Art of Direction atau Kesatuan Arah
Dalam melaksanakan tugas dan tanggung  jawabnya,karyawan harus diarahkan oleh seorang manajemer dengan penggunaan satu rencana.
6.    Sub Ordination of Individual Interest To General Interest atau Meletakkan Kepentingan Organisasi daripada Kepentingan Pribadi 
7.    Remuneration atau Balas Jasa/Pemberian Upah
Kompensasi untuk pekerjaan yang dilakuakn haruslah adil,baik bagi karyawan maupun dengan pemilik.
8.    Centralization atau Sentralisasi/Pemusatan
Dalam pengambilan keputusan harus ada keseimbangan yang tepat antara sentralisasi desentralisasi.
9.    Hierarki
Adanya hierarki akan menentukan batas kewenangan yang harus dimiliki oleh masing-masing karyawan dalam perusahaan.Dengan adanya hierarki,setiap karyawan akan mengetahui kepada siapa ia harus bertanggung jawab dan dari siapa ia mendapatkan perintah.
10.    Order atau Ketertiban
Ketertiban dalam melaksanakan pekerjaaan merupakan syarat utama  bagi kelangsungan dan kenyamanan orang bekerja dalam perusahaan.
11.    Equity atau Keadilan dan Kejujuran
Merupakan salah satu syarat untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan.Dalam hal ini,harus ada perlakuan yang sama dalam sebuah organisasi.
12.    Stabilitas Kondisi karyawan
Kestabilan karyawan harus dijaga sebaik-baiknya agar segala pekerjaan berjalan dengan lancar.
13.    Initiative atau Inisiatif
Bawahan harus diberi kebebasan untk menjalankan dan menyelesaikan rencana pekerjaan meskipun beberapa kesalahan mungkin terjadi.
14.    Semangat Kesatuan,Semangat Korps
Setiap karyawan harus memiliki rasa kesatuan,yaitu rasa senasib dan sepenanggungan sehingga menimbulkan semangat kerja sama yang baik.

Sedangkan, menurut Hodges,ada 22 prinsip manajemen,yaitu:
     1)      Kesatuan perintah
     2)      Rentangan pengawasan
     3)      Keseragaman
     4)      Pendelegasian
     5)      Perencanaan
     6)      Penyusunan kebijakan
     7)      Kepemimpinan
     8)      Fungsi staff
     9)       Keseimbangan/keselarasan
    10)   Koordinasi
    11)   Tanggung jawab dan wewenang
    12)   Keputusan
    13)   Standardisasi
    14)   Pengawasan
    15)   Keluwesan
    16)   Fakta
    17)   Hubungan antar manusia
    18)   Spesialisasi
    19)   Penyederhanaan
    20)   Produktivitas individu
    21)   Tugas dan penyelesaiannya


v Konsep Manajemen Dasar

Konsep dasar manajemen dibedakan menjadi empat,yaitu:                          

§   Manajemen sebagai ILMU
Suatu bidang ilmu pengetahuan (science) yang berusaha secara sistematis untuk memahami mengapa dan bagaimana manusia bekerja bersama untuk mencapai tujuan dan membuat sistem kerjasama ini bermanfaat bagi kemanusiaan.

§   Manajemen Sebagai SENI
Management adalah seni untuk mencapai hasil yang maksimal dengan usaha yang minimal,demikian pula mencapai kesejahteraan dan kebahagiaan maksimal bagi pimpinan maupun pekerja serta memberikan pelayanan yang sebaik mungkin kepada masyarakat,pasar,ataupun pihak yang dibutuhkan.

§   Manajemen Sebagai PROFESI
Manajemen sebagai profesi merupakan suatu bidang pekerjaan yang dilakukan oleh orang-orang yang memiliki keahlian dan ketrampilan sebagai kader,pemimpin atau manajer pada suatu organisasi atau perusahaan tertentu.

§   Manajemen Sebagai PROSES
Manajemen adalah proses yang khas terdiri dari tindakan perencanaan,pengorganisasian,pelaksanaan dan pengendalian dimana dalam masing-masing bidang tersebut digunakan ilmu pengetahuan & keahlian yang diikuti secara berurutan dalam usaha mencapai sasaran & tujuan yang telah ditetapkan.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

PENGANTAR PWK

Profil Kota Pati