MANAJEMEN
PEMAPARAN TENTANG BAGAIMANA KAIDAH,PRINSIP,DAN KONSEP MANAJEMEN
A. Pengertian
Manajemen
Manajemen merupakan ilmu pengetahuan.Manajemen memiliki kerangka
imu yang sistematis,mencakup kaidah-kaidah,prinsip-prinsip,dan konsep-konsep
yang dapat digunakan secara universal bagi semua situasi manajerial.Bertujuan
untuk mengatur,mengurus,dan mengelola kegiatan yang ada didalamnya.(http://www.artikelsiana.com/2015/08/pengertian-manajemen-fungsi-prinsip.html )
Menurut Mary Parker f, “manajemen adalah suatu seni,
tiap tiap pekerjaan bisa diselesaikan dengan orang lain”.
Sedangkan menurut George R.Terry,” manajemen ialah wadah
didalam ilmu pengetahuan,sehingga manajemen bisa dibuktikan secara umum
kebenarannya.”
Dan menurut Stoner, “manajemen merupakan proses dalam
membuat suatu perencanaan,pengorganisasian,pengendalian serta memimpin berbagai
usaha dari anggota entitas/ organisasi dan juga mempergunak
an semua sumber daya yang dimiliki untuk mencapai tujuan yang
ditetapkan”.
B.
Fungsi
Manajemen
Manajemen memiliki berbagai fungsi,yaitu:
1.
Planning (perencanaan)
Untuk
menentukan tujuan dari perusahaan/organisasi dalam bentuk visi dan misi baik
dalam jangka panjang maupun pendek.
2.
Organizing (Mengorganisasi)
Untuk mengatur
orang-orang yang ada dalam organisasi/perusahaan agar dapat menjalankan peran
dan fungsinya masing-masing.
3.
Staffing (Penempatan)
Berupa
penyusunan personalia pada suatu organisasi sejak dari merekrut tenaga
kerja,pengembangannya sampai dengan usaha agar setiap tenaga memberi daya guna
maksimal kepada organisasi.
4.
Coordinating (Mengkoordinasi)
Untuk
meningkatkan efisiensi,dan efektifitas kinerja.
5.
Controlling (Mengontrol)
Fungsinya
supaya kinerja orang-orang didalamnya tidak menurun minimal standard,kalau bisa
meningkat.
6.
Leading
Fungsinya yaitu
mengambil keputusan,mengadakan komunikasi,memberi semangat,inspirasi, dan
dorongan kepada bawahan supaya mereka bertindak, memilih orang-orang yang
menjadi anggota kelompoknya,dan memperbaiki pengetahuan dan sikap-sikap
bawahan.
7.
Directing
/commanding
Berhubungan
dengan usaha memberi bimbingan,saran,perintah-perintah atau instruksi kepada
bawahan dalam melaksanakan tugas masing-masing.
8.
Motivating
Memberi
motivasi kepada bawahan berupa inspirasi semangat,dan dorongan kepada
bawahan,agar melakukan kegiatan secara sukarela sesuai apa yang diinginkan
atasan.
9.
Reporting
Salah satu
fungsi manajemen berupa penyampaian perkembangan atau hasil kegiatan atau pemberian
keterangan mengenai segala hal yang bertalian dengan tugas dan fungsi kepada
pejabat yang lebih tinggi.
10.
Forecasting
Meramalkan,
memproyeksikan,atau mengadakan taksiran terhadap berbagai kemungkinan yang akan
terjadi sebelum suatu rencana yang lebih pasti dilakukan.
Mengapa Manajemen Sangat Dibutuhkan ?
Manajemen dibutuhkan semua organisasi,karena tanpa manajemen,semua
usaha akan sia-sia dan pencapaian tujuan akan lebih sulit.Alasan utama yaitu:
1)
Untuk
mencapai tujuan.(organisasi dan pribadi)
2)
Untuk
menjaga keseimbangan di antara tujuan-tujuan yang saling
bertentangan. (sasaran,kegiatan,dan pihak-pihak berkepentingan)
3)
Untuk
mencapai efisiensi dan efektifitas.
Manajemen memiliki kaidah-kaidah,prinsip-prinsip,dan konsep-konsep.
v
Kaidah-kaidah
utama Manajemen
Kaidah
merupakan kebenaran fundamental atau kebenaran yang dapat dipercaya pada suatu
masa tertentu,yang menjelaskan dua atau lebih perangkat kejadian(variabel).
Kaidah ada yang
sifatnya perspektif (menganjurkan), deskriptif (menggambarkan atau menunjukkan
apa adanya),dan normatif (Sigit,1984)
Kaidah-kaidah
manajemen:
1.
Kaidah-kaidah
utama manajemen memadukan topik-topik mutakhir dan tradisional serta mengorganisirnya
disekitar pendekatan fungsional,atau proses manajemen.Meskipun penelitian lain
telah di kemabangkan,pendekatan fungsional atau proses ini tetap merupakan
sebuah kerangka kerja yang bersifat umum,dan fleksibel untuk menggabungkan
berbagai sudut pandang berkenaan dengan kaidah-kaidah utama manajemen.
2.
Kaidah-kaidah
utama manajemen ini ditujukan bagi para manajer pemula dan berpengalaman yang
berusaha mencari informasi termutakhir berikut tinjauan yang melandasinya.
Pemaparan
berkenaan dengan kaidah-kaidah utama manajemen,dibagi dalam enam butir,yaitu:
Butir
I Pengantar Manajemen yang mencakup:
§ Manager jobs
International Management and Cultural Diversity
§ Information Technology and the Internet
§ Ethics and Social Responsibilty
Butir
II Perencanaan,yang mencakup:
§ Essential of Planning
§ Problem Solving and Decision Making
§ Quantitave Techniques for Planning and Decision Making
Butir
III.Pengorganisasian, yang mencakup:
§ Job Design and Work Schedules
§ Organization Structure,Culture,and Change
§ Staffing and Human Resource Management
Butir
IV.Pengarahan, yaitu mencakup:
§ Leadership
§ Motivation
§ Communication
§ Teams,Groups,and Teamwork
Butir
V.Pengendalian, yang mencakup:
§ Essential of Control
§ Managing Ineffective Performers
Butir
VI.Mengelola Kesuksesan Individu,yang mencakup:
§ Enhancing Personal Productivity and Managing Stress.
Butir terakhir ini menjelaskan bagaimana kesuksesan individu dapat
dipertahankan dana tau ditingkatkan melalui pengembangan deskripsi dan tata
kerja,serta penerapan manajemen waktu dan last but not least bagaimana
mencegah dan mengendalikan stress atau tekanan kerja.(http://motsy-totsy.blogspot.in/2011/09/kaidah-kaidah-manajemen )
v
Prinsip-Prinsip
Manajemen
Prinsip adalah asas,dasar,atau kaidah,yaitu pernyataan kebenaran
fundamental yang menjadi pokok dasar berpikir atau melakukan kegiatan.Sedangkan
prinsip-prinsip manajemen yaitu asas/dasar ataupun kaidah yang merupakan pernyataan
atau kebenaran fundamental yang dijadikan sebagai pedoman dalam menjalankan
tugas memimpin suatu usaha kerjasama,untuk mencapai suatu keseimabangan yang
setinggi-tingginya dalam proses pencapaian tujuan.
Fayol (1925),merumuskan
ada 14 prinsip dalam manajemen,yaitu:
1.
Devision
of Work atau pembagian
kerja
Pembagian kerja
harus disesuaikan dengan kemampuan dan keahlian sehingga pelaksanaan kerja akan
berjalan efektif.
2.
Authority
and Responsibility atau Wewenang
dan Tanggung Jawab
Wewenang
mencakup hak untuk memberi perintah dan dipatuhi,biasanya dari atasan ke
bawahan.Wewenang ini harus diikuti dengan pertanggungjawaban kepada pihak yang
memberi perintah.
3.
Dicipline atau disiplin
Disiplin
mencakup mengenai rasa hormat dan taat kepada peranan dan tujuan organisasi.
4.
Unity
of Command atau Kesatuan
Perintah
Setiap karyawan
hanya menerima instruksi tentang kegiatan tertentu hanya dari satu alasan.
5.
Art
of Direction atau Kesatuan
Arah
Dalam
melaksanakan tugas dan tanggung
jawabnya,karyawan harus diarahkan oleh seorang manajemer dengan
penggunaan satu rencana.
6.
Sub
Ordination of Individual Interest To General Interest atau Meletakkan Kepentingan Organisasi daripada Kepentingan
Pribadi
7.
Remuneration
atau Balas Jasa/Pemberian Upah
Kompensasi
untuk pekerjaan yang dilakuakn haruslah adil,baik bagi karyawan maupun dengan
pemilik.
8.
Centralization
atau Sentralisasi/Pemusatan
Dalam
pengambilan keputusan harus ada keseimbangan yang tepat antara sentralisasi
desentralisasi.
9.
Hierarki
Adanya hierarki
akan menentukan batas kewenangan yang harus dimiliki oleh masing-masing
karyawan dalam perusahaan.Dengan adanya hierarki,setiap karyawan akan
mengetahui kepada siapa ia harus bertanggung jawab dan dari siapa ia
mendapatkan perintah.
10.
Order
atau Ketertiban
Ketertiban
dalam melaksanakan pekerjaaan merupakan syarat utama bagi kelangsungan dan kenyamanan orang
bekerja dalam perusahaan.
11.
Equity atau Keadilan dan Kejujuran
Merupakan salah
satu syarat untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan.Dalam hal ini,harus ada
perlakuan yang sama dalam sebuah organisasi.
12.
Stabilitas
Kondisi karyawan
Kestabilan
karyawan harus dijaga sebaik-baiknya agar segala pekerjaan berjalan dengan
lancar.
13.
Initiative atau Inisiatif
Bawahan harus
diberi kebebasan untk menjalankan dan menyelesaikan rencana pekerjaan meskipun
beberapa kesalahan mungkin terjadi.
14.
Semangat
Kesatuan,Semangat Korps
Setiap karyawan
harus memiliki rasa kesatuan,yaitu rasa senasib dan sepenanggungan sehingga
menimbulkan semangat kerja sama yang baik.
Sedangkan, menurut Hodges,ada 22 prinsip
manajemen,yaitu:
1)
Kesatuan
perintah
2)
Rentangan
pengawasan
3)
Keseragaman
4)
Pendelegasian
5)
Perencanaan
6)
Penyusunan
kebijakan
7)
Kepemimpinan
8)
Fungsi
staff
9)
Keseimbangan/keselarasan
10)
Koordinasi
11)
Tanggung jawab dan wewenang
12)
Keputusan
13)
Standardisasi
14)
Pengawasan
15)
Keluwesan
16)
Fakta
17)
Hubungan antar manusia
18)
Spesialisasi
19)
Penyederhanaan
20)
Produktivitas individu
21)
Tugas dan penyelesaiannya
v Konsep Manajemen Dasar
Konsep dasar manajemen dibedakan menjadi empat,yaitu:
§
Manajemen
sebagai ILMU
Suatu
bidang ilmu pengetahuan (science) yang berusaha secara sistematis untuk
memahami mengapa dan bagaimana manusia bekerja bersama untuk mencapai tujuan
dan membuat sistem kerjasama ini bermanfaat bagi kemanusiaan.
§
Manajemen
Sebagai SENI
Management
adalah seni untuk mencapai hasil yang maksimal dengan usaha yang minimal,demikian
pula mencapai kesejahteraan dan kebahagiaan maksimal bagi pimpinan maupun
pekerja serta memberikan pelayanan yang sebaik mungkin kepada masyarakat,pasar,ataupun
pihak yang dibutuhkan.
§
Manajemen
Sebagai PROFESI
Manajemen
sebagai profesi merupakan suatu bidang pekerjaan yang dilakukan oleh
orang-orang yang memiliki keahlian dan ketrampilan sebagai kader,pemimpin atau
manajer pada suatu organisasi atau perusahaan tertentu.
§
Manajemen
Sebagai PROSES
Manajemen
adalah proses yang khas terdiri dari tindakan
perencanaan,pengorganisasian,pelaksanaan dan pengendalian dimana dalam
masing-masing bidang tersebut digunakan ilmu pengetahuan & keahlian yang
diikuti secara berurutan dalam usaha mencapai sasaran & tujuan yang telah
ditetapkan.
Komentar
Posting Komentar